Hanya Modal Cinta


Sesungguhnya Alloh SWT (pada hari kiamat) sedang m’hisab seorang hamba, t’nyata keburukan hamba tsb lebih berat dari pada kebaikannya, lalu Alloh SWT memerintahkan m’bawa hamba ini ke neraka, tatkala hamba itu pergi dibawa ke neraka, maka Alloh b’firman kepada Malaikat Jibril: temukan hamba-Ku tadi dan tanyailah dia, apakah ia pernah duduk b’sama ulama sewaktu di dunia? bila iya maka Aku akan mngampuninya dengan syafaatnya ulama tsb. (stlh dtemukan) Lalu malaikat Jibril b’tanya pada hamba tadi, maka hamba itu m’jawab: Tidak.
Selanjutnya Jibril mlaporkan kpd Alloh SWT: Ya Robi, sesungguhnya Enkau Dzat yang lebih mengetahui tentang keadaan hamba-Mu, lalu Alloh Ta’ala b’firman: Tanyakan dia, apakah ia mencintai ulama? Maka Jibril b’tanya kepadanya. Hamba itu mnjawab: Tidak.
Maka Alloh b’firman: tanyakan dia, apakah ia pernah makan b’sama ulama dlm satu majlis? Lalu Jibril b’tanya kepadanya. Hamba itu mnjawab: Tidak pernah.
Maka Alloh b’firman: apakah ia pernah b’tempat disuatu tempat yang ditempati oleh orang alim (satu desa/ majlis ato pesantren)? Lalu Jibril b’tanya kepadanya. Hamba itu mnjawab: Tidak pernah.
Maka Alloh b’firman: tanyakan dia, apakah ia mencintai seseorang yang orang tsb mencintai ulama? Hamba itu mnjawab: Ya.
Maka Alloh Ta’ala b’firman kepada Malaikat Jibril as.: ambillah tangannya dan masukkanlah dia ke surga. Sesungguhnya hamba tsb sewaktu di dunia mencintai seseorang sedangkan orang yg dicintai itu mencintai ulama, maka Aku m’ngampuni dirinya sebab barokah lelaki yg dicintai itu.

**Dikutip dari kitab Daqoiqul Akhbar.

*Semoga kecintaan kita pada ulama dan terlebih lagi kepada Baginda Nabi Muhammad SAW tidak pernah lekang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: