SOLUSI UMAT ISLAM MENUJU KEBANGKITAN HAKIKI


Dewasa ini kita telah melihat berbagai kemunduran umat Islam di Indonesia, terbukti keterpurukan SDM umat Islam tidak dapat terelakkan, dan semakin jauh tertinggal. Kitalah selaku generasi harapan saatnya membangun kembali kejayaan dan kebangkitan umat Islam yang pernah dirasakan pada era Harunn Al-Rasyid. Untuk menuju kebangkitan seyogyanya kita kembali ke Fikrah. Oleh dikarnakan fikrah merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Darinyalah dihasilkan berbagai kemajuan dan peningkatan taraf kehidupan. Oleh karena itu, kemajuan sains dan teknologi serta penemuan-penemuan baru pun hanya dapat dicapai bila fikrah ini sudah ada. Demikian pula meningkatnya taraf kehidupan dan kejayaan ekonomi suatu bangsa dapat dicapai bila bangsa tersebut sudah memiliki kerangka berfikir atau fikrah kulliyah untuk maju. Dengan demikian upaya untuk meraih kemajuan sains dan teknologi, industri dan kekuatan ekonomi kedudukannya jauh berada dibawah pemikiran menyeluruh atau fikrah kulliyah tadi.

Dengan fikrah, jikalau kekayaan maadiyah, yang bisa berupa kemajuan saintek maupun ekonomi yang dimiliki, merosot hancur, keadaan masyarakat masih mudah dan cepat dipulihkan selama masyarakat masih memegang pemikirannya. Sebaliknya, jika fikrah telah rusak maka secara berangsur-angsur dan pasti kekayaan maadiyah tadi akan habis dan kehilangan kreatifitas untuk menemukan yang baru, seperti kecenderungan yang kini tengah dialami oleh misalnya negara-negara di kawasan teluk (Kuwait, Arab Saudi dan sebagainya). Keadaan yang kedua inilah yang dialami kaum muslimin dewasa ini. Dari kajian materi sebelumnya, terbukti bahwa kemerosotan umat Islam akibat dari telah tercabutnya fikrah
Islamiyyah, yang menyeluruh dan sempurna itu, dari dalam diri kaum muslimin.

Dengan demikian, kebangkitan Islam yang sangat didambakan itu hanya terdapat pada kebangkitan fikriyyah. Yakni dengan terlebih dulu mengembalikan pemikiran menyeluruh Islam kedalam diri umat. Pemikiran menyeluruh, yakni aqidah Islam inilah yang dahulu telah membangkitkan dan kemudian menghantarkan umat Islam pada puncak kejayaan dunia, baik dari segi politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, maupun sosial budaya.    

Pemikiran inilah yang menjadi landasan indeologis yang penting bagi masarakat tersebut. Telah menjadi suatu sunnatullah bahwa yang mampu membangkitkan masyarakat adalah aqidah, yakni pemikiran yang menyeluruh (fikrah kulliyyah) tentang kehidupan, baik kehidupan dunia, sebelum dunia maupun sesudahnya. Mengenai sumber pemikiran yang menjadi landasan kebangkitan itu sendiri bisa saja merupakan hasil dari kejeniusan manusia, karena potensi untuk bangkit memang dimiliki manusia secara universal.

Hal ini diterangkan Allah dalam ayat:

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, hingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”(QS. Ar-Ra’du: 11)

Ayat ini bersifat ‘aam (umum), yakni siapa saja dapat mencapai kemajuan dan kejayaan bila mereka telah mengubah sebab-sebab kemundurannya. Mengubah keadaan agar bangkit, selalu diawali dengan merumuskan konsep-konsep kebangkitan. Dan jika konsep tersebut ternyata mampu mengoptimalkan potensi manusia dengan suatu pemikiran yang menyeluruh, tentulah kebangkitan yang dimaksud dapat diraih

Demikian juga kebangkitan Islam yang dicontohkan Rasulullah saw. bangkit dengan pemikiran mendasar (ideologis) yang disebut akidah Islam dengan prinsip penting laa illaha illa Allah. Atas dasar akidah Islam inilah dibangun pemikiran-pemikiran cabang (nidzom) lainnya. Nidzom ini merupakan syariah Islam yang memecahkan berbagai persoalan manusia, bukan hanya dalam ibadah ritual tapi juga sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: